Persiapan Dosen dalam Kuliah Online
-
Sebelum melaksanakan pembelajaran online seluruh dosen kelas karyawan atau kelas paralel semester 2, 3, 4 dan seterusnya mempersiapkan
-
rencana pembelajaran semester (RPS);
-
kontrak pembelajaran online;
-
materi pembelajaran online;
-
materi diskusi online; dan
-
materi evaluasi online
-
Dosen mengupload RPS di kelas pembelajaran online masing-masing paling lambat minggu pertama perkuliahan. RPS ditulis sesuai format yang disediakan di website http://pedoman.ddp.esaunggul.ac.id/rps/
-
Dosen mengisi template kontrak pembelajaran online yang tersedia di kelas pembelajaran online masing-masing paling lambat minggu pertama perkuliahan.
-
Dosen mengisi template materi pembelajaran online yang tersedia di kelas pembelajaran online masing-masing dalam bentuk full text, audio dan/atau video. Materi pembelajaran online juga dapat berbentuk file makalah, modul atau link ke blog dosen di http://weblog.esaunggul.ac.id paling lambat sehari sebelum jadwal atau jam kuliah online yang ditetapkan oleh DPPU. Materi berbentuk modul dapat dibuat berdasarkan pedoman yang terdapat di website http://pedoman.ddp.esaunggul.ac.id/modul-pembelajaran.
-
Materi diskusi online disajikan dalam bentuk forum atau chatting yang telah tersedia di kelas pembelajaran online masing-masing. Untuk dosen yang akan melakukan chatting harap menuliskan hari, tanggal dan waktu chatting pada template yang tersedia. Dosen juga dapat diskusi di blog masing-masing dalam kolom komentar bila materi pembelajaran disajikan pada blog dosen.
-
Materi evaluasi online dibuat dalam template yang tersedia di kelas pembelajaran online masing-masing. Dosen menyediakan materi evaluasi online dengan soal dan/atau tugas online yang baru atau minimal memperbaiki date-line atau due-date bila soal atau tugas online tersebut masih up to date.
-
Kuliah online diselenggarakan minimal 1 (satu) kali dan paling banyak 6 (enam) kali pada minggu ke-4, 6, 8, 10, 12, dan 14. Dosen yang akan mengganti kuliah online dengan tatap muka harap melaporkannya kepada DDP untuk keperluan penjadwalan.
Pelaksanaan Kuliah Online
-
Pada jam kuliah online yang ditetapkan oleh DPPU, dosen mengisi jurnal kuliah di http://siakad.esaunggul.ac.id agar honor kuliah online dapat diproses.
-
Mahasiswa mempelajari materi pembelajaran online yang disediakan oleh dosen di kelas pembelajaran online di http://vle.esaunggul.ac.id.
-
Mahasiswa berdiskusi dengan dosen atau sesama mahasiswa di kelas pembelajaran online masing-masing atau di blog dosen.
-
Mahasiswa menyelesaikan soal dan/atau tugas online sesuai due-date, setelah mempelajari materi pembelajaran online dan/atau diskusi dalam forum, chatting dan/atau blog dosen.
-
Dosen memeriksa jawaban soal dan/atau tugas online dengan memberikan nilai atau umpan balik.
-
Dosen mencatat kehadiran mahasiswa di website http://siakad.esaunggul.ac.id berdasarkan aktivitas-aktivitas tersebut di atas, setelah dosen memeriksa jawaban soal dan/atau tugas online.
-
Pada akhir bulan berjalan sampai dengan tanggal 5 bulan selanjutnya, DPPU dan DDP akan melakukan validasi pelaksanaan pembelajaran online untuk keperluan pembayaran honor kuliah online.
-
Dalam masa validasi, para dosen dapat memperbaiki proses pembelajaran online di http://vle.esaunggul.ac.id, misalnya mengganti materi pembelajaran yang belum memenuhi persyaratan, memberikan tugas susulan yang belum tersedia, dan sebagainya.
-
Dosen melaporkan perbaikan proses pembelajaran online kepada DPPU atau DDP untuk kelancaran proses pembayaran honor kuliah online.
10. Bila sampai tanggal 5 tersebut belum dilakukan perbaikan proses pembelajaran online, maka kuliah online dinyatakan tidak berlaku dan diganti dengan kuliah tatap muka (make up class) pada pertemuan selanjutnya.
Help Desk Kuliah Online
-
Dosen dan mahasiswa yang memerlukan akun internet untuk login ke http://vle.esaunggul.ac.id dan http://weblog.esaunggul.ac.id atau bantuan lainnya terkait dengan akses internet dapat menghubungi Departemen IT, telepon 021-5674223 ext 273 atau email [email protected]
-
Dosen yang membutuhkan bantuan teknis yang berhubungan dengan konten pembelajaran online di http://vle.esaunggul.ac.id dan http://weblog.esaunggul.ac.id atau bantuan lainnya terkait dengan pengelolaan elearning dapat menghubungi DDP, telepon 021-5674223 ext 240 atau email [email protected]
-
Dosen yang membutuhkan bantuan yang berhubungan dengan penjadwalan, pengisian jurnal, kehadiran dan honor dapat menghubungi DPPU, telepon 021-5674223 ext 463 atau email [email protected]
selamat pagi, untuk kuliah online silahkan membuat akun hybrid learning terlebih dahulu ke bagian IT Universitas Esa Unggul. setelah mendapat username dan password silahkan log in di http://vle.esaunngul.ac.id/
thx.
selamat pagi, untuk kuliah online silahkan membuat akun hybrid learning terlebih dahulu ke bagian IT Universitas Esa Unggul. setelah mendapat username dan password silahkan log in di http://vle.esaunggul.ac.id/
thx.