Jurnalistik2017-05-29T09:01:27+00:00
JURNALISTIK
Website Ilmu Komunikasi
Blog Jurnalistik
WEB ESA UNGGUL
SI UNGGUL
DPPU
MATERI PEMBELAJARAN
ONLINE LEARNING

S1 Jurnalistik – Terakreditasi A

Jurnalistik adalah kegiatan menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan peristiwa melalui pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi, pendapat pemerhati secara sistematis dan dapat dipercaya untuk diterbitkan pada surat kabar, majalah, dan dipublikasikan di media massa. Dalam jurnalistik selalu harus ada unsur kesegaran waktu (timeliness atau aktualitas). Seorang jurnalis memiliki dua fungsi utama. Pertama, fungsi jurnalis adalah melaporkan berita. Kedua, membuat interpretasi dan memberikan pendapat yang didasarkan pada isi berita.

Bidang Peminatan

– Radio & TV Journalism – Print Media Journalism  

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Jurnalistik Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan peristiwa melalui pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemrosesan, dan penyebaran informasi, pendapat pemerhati secara sistematis dan dapat dipercaya untuk diterbitkan pada surat kabar, majalah, dan dipublikasikan di media massa.

Di samping itu lulusan juga mempunyai kemampuan untuk membuat interpretasi dan memberikan pendapat yang didasarkan pada isi berita.  Serta dibekali dengan pemahaman bahwa dalam jurnalistik selalu harus ada unsur kesegaran waktu (timeliness atau aktualitas).

Program Studi Jurnalistik Universitas Esa Unggul menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi yaitu :

    • Memiliki kualifikasi sebagai praktisi profesional di bidang jurnalistik yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis.

    • Menyusun rencana kerja redaksi lembaga broadcasting yang berazaskan kaidah-kaidah jurnalistik.

    • Melakukan pengumpulan bahan berita, mengolah, dan menyajikannya di media broadcasting.

    • Menganalisis pemberitaan di media massa dan memberikan alternatif solusinya.

    • Memimpin tim kerja redaksi media massa cetak dan elektronik.

    • Memimpin lembaga media massa baik media penyiaran dan media cetak.

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi

Visi

Pada tahun 2018, mampu menjadi Program Studi yang unggul di bidang ilmu komunikasi, mampu membangun jiwa kemandirian, berbasis teknologi informasi, serta diperhitungkan di lingkungan Asia Tenggara.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan ilmu komunikasi yang berbasis teknologi informasi dan mampu membangun jiwa kemandirian.

  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang komunikasi melalui kerjasama dengan pemerintah, media, dan institusi lainnya.

  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang komunikasi melalui kerjasama dengan pemerintah, media, dan institusi lainnya.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai teori dan konsep-konsep dibidang ilmu komunikasi.

  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan memanfaatkan teknologi informasi.

  3. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global di bidang komunikasi.

Proses Pembelajaran:

    1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)

    2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)

    3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum

    4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi

    5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik

    6. Bimbingan Akademik

    7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional

    8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif

    9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa

    10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan

Sarjana Jurnalistik dapat bekerja dan berkarir di industri media cetak (koran, tabloid, majalah) ataupun media elektronik (TV, radio, internet) sebagai wartawan, jurnalis, reporter, copywriter atau produser.

Bekerja di Industri Media Pertelevisian, Production House sebagai Journalist, Reporter, Presenter, Producer, Copywriter, MC Professional, dan Pengajar di Institusi Pendidikan.

      1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan

      2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik ( www.esaunggul.ac.id)

      3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni

      4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU

Kerjasama

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

      • Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia) dan

      • George Mason University (USA).

      • BakoHUMAS

      • Depkominfo

      • Media On Line P21.com

      • Perhumas

      • PERTAMINA

      • PT. Arga Bangun Bangsa

      • PT. Bank Bukopin, Tbk

      • PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk

      • PT. Bintang Advis Multimedia (Cek Ricek)

      • PT. First Media, Tbk

      • PT. Intellisys Tri Pratama

      • PT. Jobecs Indonesia

      • PT. MNC Sky Vision

      • PT. Rimbun Job Agency

      • Anteve

      • Global TV

      • Indosiar

      • Metro TV

      • O Channel

      • RCTI

      • SCTV

      • TPI

      • Trans 7

      • Trans TV

      • TV One

      • TVE

      • TVRI

      • RRI

      • Bens Radio

      • Elshinta FM

      • Tri Jaya FM

      • detik.com

      • Indopos

      • Kompas

      • kompas.com

      • Media Indonesia

      • Poskota

      • Republika

      • Mustika Ratu

      • Adnyana Advertising

      • BBDO advertising

      • Dwi Sapta Advertising

      • PR P&G

      • PR Unilever

Fasilitas

Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas studio dan laboratorium seperti:

•    Studio Produksi Program Acara TV

•    Master Control Room •    Studio Media dan Iklan •    Studio Foto Digital •    Laboratorium Fotografi – Kamar Gelap •    Laboratorium Komputer iMac •    Laboratorium Komputer Laboratorium komputer Multimedia

Studio Televisi

Laboratorium Edit Televisi

Studio Radio

Studio Fotografi

Kurikulum Program Studi Jurnalistik
Download
Distribusi Mata Kuliah Program Studi Ilmu Komunikasi

Dosen Pengajar

  1. Prof.Dr. Erman Anom, MM

  2. Prof.Dr. Kanti W. Walujo, M.Sc

  3. Dr. Asep Saefudin, M.Si

  4. Dr. Halomoan Harahap, Msi

  5. Dr.Hidayat Muchtar

  6. Dra. Shelly Adelina Alwie, M.Si

  7. Drs. Aliaras Wahid, MM

  8. Drs. Arifin Saleh Harahap, M.Si

  9. Drs. Dani Vardiansyah Noor, M.Si

  10. Drs. Hasyim Purnama, M.Si

  11. Drs. Herry Kuswita, M.Si

  12. Drs. M. Jamiludin Ritonga, MS

  13. Drs. Syarial Syarbaini, MA

  14. Drs. Zainal Abidin, MM

  15. Agus Firmansyah, S.Sos

  16. Euis Heryati, S.Sos

  17. Fathurin Zein SH, M.Si

  18. Ir. Ario Pamungkas, M.Si

  19. Ir. Z. Hidayat MM, M.Si

  20. R. Hiru Muhammad, S.Sos

  21. R. Widodo Patrianto, S.Sos

  22. Sarah Santi, MSi

  23. Soleman Yusuf, S.Sos., MM

  24. Sumartono, S.Sos., M.Si

  25. Euis Nurul B,SE, M.Si

  26. Resman Muharul, M.Si

  27. Ikbal Rachmat., MT

  28. Ade Suryani.,M.Soc.Sc

  29. Syarifa Nurlinda., MBA

  30. Oktaviana Purnamasari.,M.Si

[vfb id=1]